Selasa, 16 Juni 2015

BAGAIMANA CARA MENGETAHUI SPESIFIKASI HARDWARE KOMPUTER SECARA LENGKAP DENGAN HWiNFO32

Pengertian HWiNFO32

Merupakan software yang bisa mengakses dan menampilkan semua detail informasi dan spesifikasi hardware komputer anda. HWiNFO32 fokus kepada semua detail informasi dan spesifikasi hardware anda sehingga informasi dan spesifikasi hardware yang ditampilkan HWiNFO32 pun jauh lebih lengkap.











Detail informasi dan spesifikasi hardware komputer 

apa saja yang akan ditampilkan oleh HWiNFO32?



HWiNFO32 akan menampilkan hampir semua spesifikasi hardware komputer anda antara lain CPU, Motherboard, Memory, Bus, Video Adapter, Monitor, Drives (Floppy, hard disk, CD/DVD Rom), Audio, Network, Port (Serial, pararel, USB), serta informasi tentang baterai laptop anda. HWiNFO32 juga memiliki fitur tambahan lain yaitu akses ke Sensor komputer anda dan fitur benchmarking hardware komputer anda.



Bagaimana cara mendownload dan menginstall 



HWiNFO32?




Untuk windows 32 bit, KLIK DISINI

Untuk windows 64 bit , KLIK DISINI



Apa saja yang ada di HWiNFO32 setelah software 

tersebut diinstall?


Pertama membuka HWiNFO32, maka akan muncul welcome screen,  lalu klik “Run” untuk masuk ke panel utama.
Setelah itu sebuah window berisi kumpulan informasi tentang komputer anda secara realtime akan ditampilkan oleh HWiNFO32.






Pada gambar dialog diatas tertuliskan :

Cores  2 : artinya  punya 2 intiyaitu prosesor yang punya 2 otak
Logical 4: artinya 1 inti cores dibagi menjadi 2 yaitu 1 inti cores punya 2 logical,,jadi terdiri    dari 4 logical .
GPU (Grapic Prosesing Unit): bawaan dari motherboard,jadi menyatu dengan motherboard itu sendiri,
Single Channel memory artinya : 1 atau 2 memory tetapi hanya memiliki 1 mjalur saja sehingga harus bekerja secara bergantian . berbeda dengan Dual memory : 2memory yang memiliki 2 jalur dan bekerja secara bersamaan dan disusun secara seri  , kelebihan menggunakan dual memory yaitu kecepatannya lebih besar karena memiliki 2 jalur.
Dalam Local Disk C ada 3 tools:
  Check now :memeriksa bila ada file yang error dan mengecek register yang salah lalu               diperbaiki
  Defragment now : merapikan susunan data .
  Back up now : membuat file cadangan untuk satu hard disk.
Dalam pengertian kelima disk manajement , mengapa System Reserved tidak di munculkan ? karena supaya filetidak dapat diganggu gugat dandigunakan untuk back up data  dan ini terdapat di windows 7.
Ketika kita  close system summary window tersebut, kita sudah masuk ke panel utama, dimana di sebelah kiri panel tersebut kita bisa memilih bagian hardware mana saja yang ingin kita ketahui spesifikasinya. Ketika kita pilih salah satu hardware komputer kita di panel sebelah kiri, maka semua detail informasi dan spesifikasinya akan ditampilkan di panel sebelah kanan.







Di dalam menu HWiNFO32 terdapat beberapa fitur antara lain Summary, Report, Benchmark, Sensors dan About. Dari beberapa menu tersebut terdapat 2 fitur yang penting yaitu Sensors dan Benchmark.
Ketika anda memilih menu Sensors, maka HWiNFO32 akan menampilkan seluruh hasil dari sensor yang ada di komputer anda secara realtime. Informasi yang ditampilkan meliputi temperatur CPU dan core CPU, temperatur hard disk, tempertatur Chipset, S.M.A.R.T info, serta kapasitas dan voltase baterai yang tersisa (jika anda menggunakan laptop). Fungsi ini mengingatkan saya pada software yang sudah saya bagi sebelumnya yaitu SpeedFan yang mempunyai fungsi yang sama dengan fitur ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar